Pengetahuan-Saya

Jalan yang Berbeda


27 May 2006

Assalamu’alaikum Mbak S,
Mendapatkan email dari Mbak S, saya cukup senang. Entah dalam rangka apa, saya hanya bisa menebak. Di sini saya terdorong untuk merefleksikan perjalanan rukhiyah yang pernah saya jalani bersama Mbak S.

Sejak awal, saya sangat tertarik mengikuti pengajian di kampus. Saya sedang mencari makna yang dapat menjelaskan keberadaan saya sebagai perempuan, berusaha menemukan jaring yang dapat menghubungkan seluruh pengalaman saya semasa kecil, remaja, dan pra-dewasa. Saya yakin Mbak tidak mengetahui pengalaman saya itu karena memang tidak pernah saya ungkapkan secara terbuka. Apa yang saya harapkan ternyata tidak saya temukan dalam liqo. Saya kecewa tapi tidak sepenuhnya kecewa. Saya mendapatkan ilmu, teman, dan beberapa hal lain yang terus membuat saya berpikir.

Saya melihat dalam liqo ada jarak struktural yang bagi saya tidak nyaman. Banyak jawaban Mbak S yang tidak memuaskan, entah bagi anggota liqo lainnya. Saya juga ingat ketika Mbak S meminjamkan buku kecil mengenai Beijing +10 dan memberi keyakinan bahwa hal itu “sudah kelewat batas”. Waktu saya baca, saya “tidak melihat” apa yang Mbak S”lihat”, saya memaknainya secara berbeda. Dari sana dan berbagai pengalaman lainnya saya tahu bahwa cara pandang saya berbeda dengan yang ada di liqo, dan itu berarti pencarian saya belum berakhir. Berbagai masalah yang dibahas dalam liqo belum berhasil dikaji secara mendalam dan konseptual, setidaknya untuk standar saya pribadi.

Saya menolak banyak hal yang Mbak S ajarkan tetapi saya menyembunyikannya. Saya diam tetapi dalam hati saya merasa tidak sejalan. Ketika saya mengikuti pengajian yang ditawarkan Y pun, saya tidak menemukan apa yang saya cari dan saya memang menolak bergabung di dalamnya. Ketika Y berbicara dengan Mbak S mengenai pengajiannya, saya terpana karena ternyata Y begitu jujur mengenai cara pandangnya yang berbeda.

Pilihan untuk belajar di Kajian Wanita-UI adalah bagian dari usaha mencari pemaknaan lebih dalam yang belum saya temukan. Pemahaman Bu Santi dan Mbak S atau kawan-kawan dalam pengajian (apa pun macamnya) mengenai feminisme dapat saya mengerti karena memang seperti itu “yang terlihat” dan hal itu sesuatu yang sangat umum di belahan dunia manapun sehingga tidak terlalu mengagetkan ketika membaca artikel dari Mbak S. Saya sangat menghargai pemikiran Mbak S dan Bu M dan jangan salah, sebagiannya justru sejalan dengan ideologi feminis itu sendiri sehingga saya merasa masih ada kesamaan. Saya berharap Mbak S juga dapat menghargai cara pandang saya yang sejak lama memang sudah berbeda dan kali ini dapat dinyatakan lebih terbuka (juga melalui homepage saya).

Saya menghargai perhatian Mbak S dengan mengirimkan artikel dari majalah Hidayah tempo hari. Artikel itu tidak mengubah cara pandang saya sama seperti saya pun tidak akan dapat mengubah cara pandang Mbak S.

Mbak S telah membuka wawasan saya mengenai sifat Tuhan yang begitu mulia. Terus terang saya memakai jilbab bukan karena supaya bisa mencium bau surga atau sebagai perlindungan karena hanya Allah Maha Pelindung, tetapi karena saya memilihnya sebagai langkah awal untuk menunjukkan keperempuanan saya yang telah diberikan oleh Allah. Liqo telah banyak membawa saya pada perenungan, pertanyaan, keheranan, dan perenungan kembali. Perenungan itu pada akhirnya membawa saya pada jalan ini. Saya yakin masing-masing dari kita telah memilih jalan yang dianggap terbaik.

Saya memilih menulis surat ini untuk mengeluarkan isi hati yang sudah lama terpendam dan tidak saya ungkapkan karena saya tahu Mbak S akan sulit melihat dan menerima cara pandang yang saya pilih. Namun, Alhamdulillah, Allah telah memberikan sebentuk kepercayaan diri dan kesempatan untuk dapat berkata jujur. Tulisan ini tidak ingin menyinggung perasaan Mbak S atau siapapun yang masih bergabung dalam liqo. Tulisan ini lebih pada refleksi pengalaman hidup saya dan kebersamaan yang pernah kita jalin.

Wassalamu’alaikum.

Leave a Reply

