Pengetahuan-Saya

Personal is political


“Personal is political”, pernah dengar? Semboyan para feminis radikal ini jadi salah satu slogan saya, makanya saya membuat blog dan homepage. Segala yang personal atau relasi sosial adalah hasil konstruksi. Pengalaman dan sikap saya dibentuk oleh alam sosial, begitu juga pengalaman dan sikap orang lain. Ketika terjadi hubungan antara saya dan orang lain maka terjadi dialog pengalaman dan sikap kami berdua.

Apa yang saya anggap personal, saya perkarakan sebagai isu politik yang publik. Relasi sosial, mau itu pacaran, pernikahan, pertemanan, permusuhan, patron-klien atau lainnya adalah bentuk politik praktis di tataran level “sederhana”. Sikap saya seperti itu.

Media merupakan tempat atau wahana pertarungan politik, termasuk media blog. Mereka yang dapat mengaksesnya berlomba mengisi “ruang” cyber ini dengan pikiran, pengalaman, pengetahuan versi masing-masing. Keragaman menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan ruang cyber. Sejauh mana keragaman itu muncul dan saling berinteraksi menjadi kajian budaya.

My personal life is about political issues of people around me. They have coloring my life with their own way and I try to understand them as I could with my political reasoning.

Ngadisuryan, 17 Juli 2007

SM

Leave a Reply

